Pages

Senin, 04 Maret 2013

Febrianti Almeera | Inspirator Muslimah Hijrah

Assalamu'alaikum.
Jadi begini, saya mendapat tugas membuat biografi tokoh inspiratif. Saya memilih kakak cantik ini, karena beberapa bulan terakhir sudah memberi efek baik untuk saya... Alhamdulillah :)
Sila dibaca, semoga ada manfaat. Jazakumullaah... ^^



Febrianti Almeera (@pewski)
Inspirator Muslimah Hijrah

Febrianti Almeera. Atau akrab dipanggil Pepew. Seorang wanita yang lahir di Bandung, 26 Februari 1991. Kedua orang tua Febrianti merupakan para entertainer. Ayahnya, Sudrajat P. Hutapea sangat menekuni bidang musik. Ibunya, Neni Martdiani adalah seorang penyanyi senior dengan genre jazz. Hasilnya, Febrianti tumbuh menjadi seorang anak yang berjiwa seni. Sejak bangku sekolah, Febrianti melebarkan Febriantip di dunia tarik suara. Tidak puas hanya dalam bidang tarik suara, Febrianti mencoba mengadu keberuntungan dalam berbagai kompetisi. Salah satunya adalah School Of Joy, kompetisi marketing untuk anak SMA sekota Bandung. Pada tahun 2008, Febrianti dinobatkan menjadi Juara 1 Junior Marketing of the Year. Tepat di bangku kelas 3 SMA, Febrianti mengeksplorasi kemampuannya dalam bidang broadcasting. Febrianti mengawali karir announcer-nya di OZ Radio Bandung. Program siaran pertamanya adalah OZ COOL SCHOOL setiap hari Minggu pagi.
Febrianti resmi menjadi mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung pada tahun 2009. Mengambil jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Setahun setelahnya, Febrianti memutuskan untuk berjilbab.. Di kampus, Febrianti berkawan dengan banyak komunitas. Memang hobinya untuk bergabung dan memperluas networking. Membentuk Event Organizer bernama MARIKREATIF. Pada tahun 2011 tersebut Febrianti kembali memasuki dunia broadcast. Namun kali ini Febrianti bergabung dengan Ardan Group Radio. 
 Siaran pertama dalam program request Lagu Indonesianya kamu. Mantap berjilbab sambil siaran dibarengi dengan kemantapan untuk mulai belajar wirausaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah Freezy Breezy Frozen Yogurt. Febriantingnya, usaha pertama Febrianti tidak berjalan semulus teori yang dipelajari Freezy Breezy harus ditutup pada bulan September 2010. Beberapa bulan kemudian, dengan uang yang tersisa, Febrianti membangun usaha yogurt kaki lima. Berbekal sisa semangat yang hampir padam, usaha terus dijalankan. Beberapa bulan kemudian usaha tersebut memberikan hasil. Febrianti pun meraih berbagai macam penghargaan. Dinobatkan menjadi The Ambassador of Business Edupreneur UPI 2011. Tepat di tahun 2012, Febrianti mendapatkan beasiswa dari Djarum Beasiswa Plus. Febrianti dinobatkan menjadi Beswan Djarum angkatan 27. Bersama 487 orang lainnya se-Indonesia, Febrianti memperoleh pelatihan softskill luar biasa. Sekarang, Febrianti masih melanjutkan studi S1-nya. Meskipun masih terbilang muda, Febrianti memiliki multi-profession sebagai entrepreneur, trainer, coach, mentor, dan entertainer.
Lantas Almeera itu siapa?
Jika nama lengkapnya hanyalah Febrianti, lalu Almeera itu siapa? Almeera adalah sosok harapan yang tertuang dalam sebuah nama.
Sewaktu usia Febrianti 19 tahun, Febrianti mengalami kebangkrutan di bisnis pertama yang Febrianti rintis, sendirian. Pada waktu itu Febrianti nyaris depresi dan kehilangan kepercayaan diri. Febrianti merasa sudah melakukan segala upaya yang maksimal, lalu kecewa dengan hasil yang Febrianti peroleh. Sampai pada suatu waktu, saat Febrianti sedang jalan-jalan di sebuah toko buku, Febrianti membaca buku sekumpulan nama-nama bayi muslim. Febrianti hanya memang baca bukunya random. Halaman pertama buku kumpulan bayi tersebut menyambut mata Febrianti dengan nama bayi muslim perempuan “Almeera” yang artinya: perempuan tangguh, yang apabila jatuh, selalu berani untuk bangkit lagi.
Di situasi Febrianti yang sedang jatuh itu, Febrianti berasa ditampar. Singkat cerita, jadilah Almeera sebagai nama publik Febrianti, yang Febrianti gunakan dalam berbagai profesinya.

Komunitas Great Muslimah Indonesia (@GreatMuslimahID)
            Semakin mantapnya Febrianti berhijab, kemudian ia semakin bersemangat untuk meluaskan saham surganya dengan menjadi founder suatu komunitas terkenal yaitu Great Muslimah  yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Great Muslimah selalu identik dengan semboyan “Syar’i, Berprestasi, Menginspirasi”. Syar’i yaitu selalu taat terhadap syariat Allah, memaksimalkan kualitas diri dengan berprestasi, kemudian memberikan inspirasi terhadap orang lain. Subhanallaah…
            Febrianti mendirikan komunitas ini bukan tanpa alasan. Ia telah mendapat berbagai pengalaman dengan mencemplungkan diri di berbagai komunitas berhijab terkenal yang lain. Febrianti merasa ada yang salah dari beberapa komunitas tersebut. Mereka yang tergabung dalam komunitas terkenal itu sering kali bahasan yang mereka bahas itu tidak berbobot. Melupakan nilai-nilai islam yang sesungguhnya. Itulah sebabnya Febrianti mendirikan komunitas Great Muslimah. Komunitas yang menjunjung syariat Islam, prestasi, dan kebermanfaatan untuk orang lain.

Songbook “Be A Great Muslimah”
        Tak puas di bidang tarik suara, broadcast, dan kewirausahaan, Febrianti kemudian mengepakkan sayapnya lebih lebar lagi dengan menulis sebuah buku yang berjudul Be A Great Muslimah yang sudah terbit Februari 2013 lalu. Kenapa ia menerbitkan sebuah buku? Ia mempunyai cita-cita agar ketika Allah mendatangkan Expired Life kepadanya, khusnul khatimahlah yang ia dapatkan. Meninggalkan jejak karya, yang insya Allah dapat menjadi saham surga bagi Febrianti. Aamiin…
            Buku ini satu paket dengan mini album dari Febrianti. Terdiri dari 4 lagu: Setelah Aku Bertaubat, Jalan Hijrah, Pangeran Surga, dan Great Muslimah. Kenapa disebut songbook? Karena, sang penulis mengharapkan, pembaca ketika membaca buku Be A Great Muslimah dapat dengan langsung mendengarkan lagu yang ia nyanyikan. Sekalian ber-muhassabah
            Sekilas sinopsis dari buku Be A Great Muslimah:
Setiap Muslimah akan mendamba dirinya menjadi sosok yang great; hebat di dunia, mulia di hadapan Tuhannya. Bagaimana caranya? Maksimalkan segitiga kehidupan (life triangle) yang menjadi kunci para Muslimah luar biasa, yaitu fokus terhadap Allah (syar'i), fokus terhadap diri (berprestasi), dan fokus terhadap orang lain (menginspirasi).
Fokus terhadap Allah berarti meyakini keberadaan-Nya, menyadari petunjuk-Nya, dan senantiasa menabung Saham Surga. Fokus terhadap diri berarti mengenali peran diri, serta menggali, meyakini, dan memaksimalkan potensi diri. Dan fokus terhadap orang lain berarti memahami semangat berbagi dan menebar manfaat bagi orang-orang di sekitar.

Now…
            Saat ini, Febrianti kerap menjadi pembicara di berbagai acara di Kota Bandung dan sekitarnya. Febrianti dikenal sebagai Inspirator Muslimah Hijrah oleh khalayak. Kenapa? Karena ia selalu memberikan motivasi kepada muslimah-muslimah untuk berhijrah menuju kebaikan, tentunya karena ia sendiri seorang muslimah hijrah. Ia benar-benar meninggalkan dunia lamanya yang penuh gemerlap dunia dan memaksimalkan diri di jalan yang Allah ridha-i.
Febrianti semakin bersemangat untuk menebar kebermanfaatan kepada orang lain. Website (febriantialmeera.com) dan blog (febriantialmeera.wordpress.com) yang ia miliki, berisi  postingan yang sangat menyentuh dan menggugah hati para pembacanya. Ia selalu menuliskan paragraf demi paragraf dengan melibatkan hati. Tak heran jika seringkali, postingan-nya selalu menginsipirasi orang banyak. Subhanallah...

Hal yang dapat dicontoh dari Febrianti Almeera:
*      Masih muda, tetapi multi talented. (entrepreneur, inspirator, trainer, coach, mentor, dan entertainer.)
*      Berani mengambil resiko
*      Mampu bangkit jauh lebih tinggi setelah ditimpa masalah yang cukup berat
*      Mendirikan sebuah komunitas besar dengan berlandaskan islam dan Allah
*      Menebarkan manfaat ke orang lain
*      Memaksimalkan potensi diri
*      Menulis Songbook yang insya Allah dapat menginspirasi orang banyak, khususnya muslimah.


Afwan ya kak pewski, jika ada kesalahan kata yang tidak berkenan di hati kakak... :)         




  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar